Loading Posts...

Kedai Kopi TAK KIE – Es Kopi Legendaris Yang lebih tua dari Sumpah Pemuda

Kedai Kopi Tak Kie adalah tempat yang selalu saya kunjungi tiap main ke daerah Glodok dan sekitarnya.

Tersudut di salah satu jalan sempit dari ratusan labirin Pasar Glodok, butuh perjuangan bila kamu ingin datang ke tempat ini untuk pertama kali. Tidak ada penunjuk yang jelas bahkan Google Map pun tidak sanggup memberi lokasi yang pasti. Namun, perjuangan dan petualangan yang bikin hidup itu menarik bukan?

Didirikan tahun 1927, sebelum Sumpah Pemuda, oleh Liong Kwie Tjong. Awalnya kedai ini hanyalah sebuah tempat warung kopi yang berada di kawasan petak 9. Sampai saat ini berada di Pasar Glodok dan dikelola oleh generasi ketiga.

Nama Tak Kie sendiri berasal dari kata ‘tak’ yang asrtinya orang yang bijaksana, sederhana, dan apa adanya. Sementara itu, kata ‘kie’ sendiri memiliki arti mudah diingat banyak orang.

Maka jangan heran meski tempat ini sudah terkenal sampai mancanegara, kamu akan menemukan orang-orang dengan pakaian biasa tengah asyik minum kopi, mengobrol atau sekedar makan mie. Meski siapa tahu mereka adalah bagian dari Legenda Pebisnis Sembilan Naga yang bisa membuat bangkrut satu negara.

Nama ini tidak berubah sejak pertama kali didirikan. Maksud dari semua itu adalah, bahwa pendiri kedai kopi ini ingin mengajarkan untuk selalu tampil sederhana dan kerja keras kepada para penerusnya.

Hal ini mengingatkan saya pada nasihat kakek saya beberapa belas tahun lalu. Kerja keras, berbuat baik dan hidup sederhana adalah pangkal kaya raya. Sayangnya, saya cuma sering berbuat baik saja.

Kopinya punya citarasa yang unik dan klasik. Resepnya dimulai oleh Ayauw pengelola generasi kedua. Ia mencampur beberapa jenis kopi yang kemudian ditambahkan susu kental manis.

Kedai Kopi Tak Kie adalah alternatif seru di Jakarta buat kamu yang bosan main ke mall!

Rio

Digital Strategist & Hotel Marketing Communications with +7 years of experience in a travel related media. Storyteller & Content Creator. Outgoing and full of creative idea. Passionate in Community development & Animal Welfare

Leave a Comment

Loading Posts...